Wednesday, February 24, 2016

Biaya Kuliah Jalur Reguler T.A. 2016/2017 Universitas Mercu Buana di Daftar Harga & Tarif

Kuliah di perguruan tinggi swasta (PTS) tidak bergengsi? Rasanya, anggapan itu tak lagi tepat. Nyatanya, semakin banyak kampus swasta yang tak kalah mutunya dari perguruan tinggi negeri (PTN). Perguruan tinggi swasta membuka program studi, ekspansi fakultas, dan menjaring mahasiswa sebanyak-banyaknya untuk merespons permintaan pasar. Sejumlah perguruan tinggi berani memasang biaya pendidikan yang dinilai sangat terjangkau bagi masyarakat, tetapi membutuhkan pendidikan dan ijazah.

Universitas Mercu Buana (UMB) merupakan salah satu universitas swasta yang pertama kali berdiri pada 22 Oktober 1985 dan dinyatakan sebagai salah satu kampus swasta terbaik di Indonesia. Perguruan tinggi ini memiliki kampus yang tersebar di 4 lokasi, yakni Kampus A di kawasan Meruya – Jakarta Barat.


fakultas, kampus, Mercu buana, swasta, universitas


Kalau kondisi ini yang terjadi, harapan UKT murah tidak akan terwujud, bahkan bisa jadi akan lebih memberatkan. Seharusnya PTN menghitung secara cermat UKT dengan melakukan efisiensi pada pos-pos pembiayaan yang prioritasnya rendah sehingga bisa menekan UKT.

Jika dilihat dari biaya kuliah, sebenarnya besaran dana yang dibutuhkan tidak terlalu jauh beda dari kampus-kampus milik pemerintah. Bahkan, biaya kuliah mahasiswa yang lolos lewat jalur jalur mandiri di PTN top Indonesia kadang lebih mahal daripada PTS favorit.

0 comments

Post a Comment